'Umar al-Khayyam (lebih dikenal sebagai Omar Khayyam, 1048-1123 M), adalah seorang sarjana polymath dari Nishapur, Persia. Matematikawan, filsuf, astronom dan penyair, ia juga menulis risalah dalam bahasa Arab tentang mekanika, geografi, musik dan fisika. Karena keaslian kontribusinya, Al-Khayyam didirikan sebagai salah satu matematikawan dan astronom utama dari tradisi keilmuan Islam. Al-Khayyam lahir di Nishapur, Khurasan pada 18 Mei 1048. Dalam artikel berikut, kita survei karyanya dan merayakan ulang tahun nya.
Abu'l-Fath Ghiyath al-Din 'Umar bin Ibrahim al-Khayyāmī al-Nīshāpūrī (lahir di Nishapur, Khurasan, 18 Mei 1048 - meninggal di Nishapur, sekitar tahun 1123), yang dikenal sebagai Al-Khayyam adalah salah satu matematikawan terbesar dan astronom dari tradisi keilmuan Islam, dan penyair besar, penulis kuatrain filosofis terkenal (rubā'īyāt). Aljabar berisi solusi geometris dan aljabar persamaan derajat kedua; klasifikasi mengagumkan persamaan, termasuk yang kubik; upaya sistematis untuk memecahkan mereka semua, dan solusi geometris parsial sebagian besar dari mereka.
Khayyam lahir di atau dekat Nīshābūr sebuah keluarga pengrajin (Al-Khayyam = pembuat tenda). Sebagian besar pendidikan utamanya terjadi di Balkh dan Nīshābūr. Dia juga bekerja di Samarkand (Bukhara) dan Isfahan. Ketika ia berada di Samarkand, seorang pejabat peringkat tinggi Abū Tahir membawanya di bawah pengawasan-Nya.
Pada tahun 1892, klub dengan nama Khayyam didirikan di London; pada tahun 1970 salah satu kawah Bulan bernama setelah dia, dan pada tahun 1980 kerucut yang baru diciptakan dalam matematika diberi namanya.Pada tahun 1934, sebuah monumen untuk Khayyam didirikan di makamnya di Nīshābūr.
|
Jenius puitis Khayyam selalu dirayakan di Timur, tetapi ketenarannya di negara-negara Eropa asal agak baru-baru ini. Di Barat ia adalah salah satu penyair paling timur terkenal dan dikagumi dan sarjana. Pada tahun 1859, beberapa tahun setelah edisi Woepcke telah membuat aljabar Khayyam - yang sebelumnya hampir tidak dikenal - tersedia bagi sarjana Barat, penyair Inggris Edward Fitzgerald menerbitkan terjemahan tujuh puluh lima kuatrain, sebuah edisi yang masih tetap populer. Banyak lebih dari puisi telah diterbitkan dalam sejumlah bahasa Eropa. Puisi-puisi umumnya dikenal sebagai rubā'īyāt Khayyam adalah salah satu puncak puisi filosofis, menampilkan sebuah ateis pemikiran bebas, humanisme dan aspirasi keadilan, ironi dan skeptisisme.
Khayyam diberikan pengaruh besar atas para sarjana di Barat dan Timur.Dalam bidang matematika, karya-karyanya tidak melampaui dalam matematika Islam sampai Sharaf al-Din al-Tusi (w. 1213) dan di Barat sampai Descartes (w. 1650), yang lebih suka metode geometris untuk solusi dari derajat ketiga persamaan. Khayyam juga dokter. Ia memperlakukan Berkyaruk, Muhammad dan Sanjar, anak-anak Malik Shah. Dia juga diterima sebagai pengikut Ibnu Sina (c. 980-1037) ide dan fisika dipelajari dan obat-obatan, dan bekerja pada musik.
Sekitar 1070, Khayyam mencapai Samarkand, di mana ia memperoleh dukungan dari Ketua Majelis Hakim Abū Tahir, yang di bawah patronase ia menulis risalah besar aljabar pada persamaan kubik, Risala, yang telah direncanakan jauh sebelum. Sebuah suplemen untuk pekerjaan ini ditulis baik di istana Syams al-Muluk, Khaqan dari Bukhara, atau di Isfahan. Pada 1074-1075, Khayyam diundang ke ibu kota Isfahan oleh Seljuk Sultan Jalal al-Dawla Malik-Syah (1072-1092) untuk mengatur sebuah observatorium astronomi di Isfahan dan mereformasi kalender matahari tua Persia, yang telah digantikan oleh kalender Hijriyah. Reformasi ini selesai pada 10 ramadan 471/16 Maret 1079 dan kalender baru, dengan 8 tahun kabisat lebih dari 33 tahun, disebut al-Ta'rīkh al-Jalali (era Jalali) atau Ta'rīkh-i Maliki (era Maliki) , kedua nama yang berasal dari nama-nama Malik Shah dan Jalal al-Dawla. Kalender Khayyam adalah sangat akurat, mungkin lebih daripada kalender Gregorian (yang mengarah ke kesalahan dari 1 hari di 3.330 tahun).Kalender ini dengan kesalahan hanya satu hari dalam siklus 5000 tahun diadopsi oleh dekrit kerajaan.
|
Meskipun ia sendiri tidak percaya pada astrologi yudisial, Khayyam juga menjabat sebagai peramal, di istana Sultan Sanjar (1118-1157). Ia tinggal di Isfahan selama hampir delapan belas tahun, yang mungkin tahun yang paling tenang dan paling ilmiah berbuah hidupnya. Para astronom terbaik waktu itu berkumpul di observatorium dan di sana, di bawah bimbingan Khayyam, mereka menyusun Zij MALIK-Shahi (Malik-shah Tabel Astronomi). Pada 1092, Khayyam kehilangan posisi stabil ketika Malik-Shah meninggal dan wazirnya Nizam al-Mulk dibunuh. Dia juga kehilangan dukungan keuangan untuk karyanya di observatorium dan bekerja kalender lengkap nya. Dia kemudian meninggalkan Isfahan pada masa pemerintahan putra ketiga Malik-Syah Sanjar, yang naik tahta pada 1118, dan kembali ke Khurasan menghabiskan sisa hidupnya di Marw dan Nishapur.
Kontribusi utama oleh Khayyam dalam ilmu berhubungan dengan matematika dan astronomi. 'Abd al-Rahman al-Khazini dalam Kitāb nyaMizan al-Hikmah, yang terdiri di 515/1121, sering menyebutkan Khayyam untuk karya ilmiah.
1. The Quatrains
The Rubā'īyāt (kuatrain): rubā'īyāt filosofis Khayyam, karyanya yang paling terkenal, telah menjadi, terutama sejak tahun 1859, ketika Edward Fitzgerald menerbitkan angsuran pertama dari parafrase bahasa Inggris-nya (The Rubaiyat Omar Khayyam), salah satu paling klasik populer sastra dunia. Fitzgerald edisi pertama (London, 1859), hanya berisi 75 kuatrain. The French diterjemahkan oleh JB Nicolas (Les kuatrain de Khèyam) muncul di Paris pada tahun 1867, dan segera diikuti oleh edisi kedua Fitzgerald tahun 1868. Pada tahun 1882, Edward Henry Whinfield diedit terjemahan baru dari 253 kuatrain, dan pada tahun 1885, dari 500, bersama dengan teks Persia. Terjemahan ini kurang puitis tetapi lebih ilmiah daripada Fitzgerald.
2. Matematika dan geometri
Risala fi taksim menggosok 'al-dā'ira (risalah pada Subbagian Quadrant Lingkaran): Teori lengkappersamaan kubik ditetapkan oleh Khayyam dalam risalah Arab ini yang ditulis di Samarkand dan didedikasikan untuk Hakim Abū Tahir . Risalah ini berisi klasifikasi lengkap linear, kuadrat, dan persamaan kubik dengan akar positif, klasifikasi persamaan kubik, solusi dari persamaan x 3 + 200x = 20x 2 + 2000 oleh perpotongan lingkaran dan hiperbola sama sisi dan perkiraan solusi numerik dari persamaan. Khayyam juga menemukan solusi numerik perkiraan dari persamaan ini. Risalah ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.
Risala fi'l-Barahin 'ala al-jabr masā'il wa'l-muqabala (Treatise on Bukti Masalah Aljabar): Ini adalah risalah dari solusi dari persamaan kubik; klasifikasi linear, kuadrat, dan kubik persamaan dengan koefisien positif dan solusi dari setiap jenis persamaan kubik dengan persimpangan lingkaran, parabola, dan hiperbola sama sisi; investigasi kemungkinan akar positif dan kelipatan mereka. Risalah yang ditulis di Samarkand setelah Risala fi taksim menggosok 'al-dā'ira dan telah lampiran ditulis lima tahun kemudian pada kesalahan dari Abu' l-Jud.
Risala fi Sharhi Mā ashkala min musādarāt Kitāb Uqlīdis (Commentary on Kesulitan dalam Postulat Kitab Euclid): Ini risalah Khayyam terdiri dari komentar-komentar pada teori Euclid garis paralel dan teorirasio, selesai di Isfahan di 469/1077 . Bersama dengan Risala aljabar sebelumnya, itu adalah kontribusi ilmiah yang paling penting nya. Risalah ini terdiri dari tiga bab dan pengantar yang berisi kritik terhadap aplikasi dengan Euclid dan Ibn al-Haytham gerak dalam geometri. Tiga bagian dari risalah yang dikhususkan untuk postulat pada garis paralel, teori rasio, dan teori rasio senyawa. Suatu bagian penting dari buku yang bersangkutan dengan postulat paralel terkenal Euclid, yang sebelumnya telah menarik minat dari Thabit bin Qurra dan Ibn Al-Haytham. Upaya Khayyam adalah kemajuan yang berbeda, dan kritiknya membuat jalan mereka ke Eropa, dan mungkin telah memberi kontribusi pada perkembangan akhir non-Euclidean geometri.
Mushkilāt al-Hisab (Masalah Sulit aritmatika): Dalam risalah ini, Khayyam penawaran dengan bukti metode India ekstraksi persegi dan kubus akar dan perluasan metode ini untuk basis Quadrato persegi, Quadrato-kubus, dan sebagainya on.
The untitled risalah: Ditemukan pada tahun 1960, risalah tentang masalah yang penulis menawarkan berbagai solusi: persamaan kubik, dua konstruksi geometris dengan cara bagian berbentuk kerucut, dan interpolasi numerik dalam tabel trigonometri. Masalah ini tampaknya menarik bagi Khayyam saat ia menulis seluruh esai di atasnya. Hal ini sangat penting bagi sejarah matematika karena termotivasi penulis untuk membuat kontribusi besar untuk aljabar dan teori bilangan. Hal ini juga sangat penting bagi sejarah seni dan arsitektur karena menjadi bukti keterlibatan Khayyam dalam seni hias, Islam dan dengan demikian menunjukkan keakraban dengan masalah yang terkait dengan arsitektur. Alpay Ozdural menerbitkan sebuah studi tentang risalah ini: "'Umar Khayyam, matematika, dan" Conversazioni "dengan Artisans," dalam The Journal Society of Sejarawan Arsitektur, Vol. 54, No 1, (Maret, 1995), hlm 54-71.
3. Astronomi
Selain karya-karya matematika, Khayyam juga memberikan kontribusi terhadap astronomi. Feat terbesarnya sebagai seorang astronom adalah reformasi kalender. Di antara tulisan-tulisannya yang berhubungan dengan astronomi, kita menemukan:
Nawrūz-nāma (Kitab Tahun Baru, dalam bahasa Persia): Risalah tentang kalender dan terutama padareformasi kalender Iran Surya Kalender dan pada upacara festival Tahun Baru di Iran pra-Islam. Risalah ini ditulis setelah penghancuran observatorium astronomi Khayyam di Isfahan dan tujuannya adalah untuk menarik perhatian terhadap reformasi kalender dan meminta penguasa untuk mengembalikan observatorium.
Al-Zij Malik-Shahi (tabel astronomi untuk Malik Shah): Risalah ini berisi hasil pengamatan sendiri di observatorium yang didirikannya. Dari pekerjaan ini hanya sebagian kecil - tabel koordinat ekliptika dan besaran dari 100 bintang paling terang tetap - bertahan.
4. Mekanika
"Saldo kebijaksanaan" Al-Khazini mengandung teks dari dua risalah Khayyam pada mekanik Mizan al-hikamdan fi al-Qistās al-Mustaqim. Keduanya ditujukan untuk teori tingkat dan saldo hidrostatik.
Mizan al-hikam fi ihtiyāli ma'rifati miqdāray al-dahab wa al-Fidda fi jismin murakkabin minhumā (Cara Cerdik untuk menentukan emas dan perak dalam tubuh terdiri dari mereka): tentang menentukanjumlah emas dan perak dalam paduan dengan berat di udara dan air. Teks memberikan solusi murni aljabar untuk masalah ini. Hal ini diselesaikan oleh Khayyam murid 'Abd al-Rahman al-Khazini.
Fi al-Qistās al-Mustaqim (pada keseimbangan yang tepat): Ini termasuk dalam "Book on Balance of Wisdom" oleh al-Khazini. Ini adalah risalah pada keseimbangan skala hidrostatik dengan berat bergerak yang ditemukan oleh Khayyam. Mohammed Abattouy menerbitkan sebuah artikel tentang teks ini: "Al-Qistas al-mustaqim: la keseimbangan droite de 'Umar Khayyam." Farhang. Quarterly Journal of Humaniora dan Budaya Studi (Tehran, Iran). Isu Topic: Peringatan Khayyam (3), vol. 18, n 53-54, 2005: pp 155-166.
5. Music
Al-qawl 'ala al-adjnās allatī bi'l-arba'a (Penalaran pada jenis [dibentuk] oleh liter): Ini adalah risalah tentang musikologi, mungkin sebuah fragmen dari naskah yang disebutkan dalam risalah Khayyam padageometri . Khayyam diterapkan aritmatika, khususnya teori rasio sepadan dalam teks ini.
Syarh al-Mushkil min Kitab al-Musiqa (Commentary on Kesulitan dari "Book on Music").
Geografi 5.
Para sejarawan al-Baihaqi dan al-Tatawī menyebutkan ilmiah risalah (fisik atau biologis) dan geografis alam Khayyam:
· Lawazīm al-amkina (keterangan yang diperlukan di tempat-tempat).
· Mukhtasar fi'l-tabi'iyāt (Concise [risalah] pada Nature), disebutkan oleh Swami Govinda Tirtha dengan mengacu pada kitab al-Baihaqi.
6. Philosophical Pekerjaan
Meskipun Khayyam menulis lima risalah khusus filosofis, dan meskipun banyak puisinya bersifat filosofis, tetap saja sulit untuk memastikan apa pandangan dunianya mungkin. Masalahnya rumit oleh pertimbangan bahwa saluran filosofis berbeda dari kuatrain, sementara analisis kuatrain sendiri rumit oleh pertanyaan tentang keaslian masing-masing. Mungkin juga berspekulasi bahwa Khayyam menulis karya-karya filsafat formal untuk membersihkan namanya dari tuduhan pemikiran bebas. Abū Nasr Muhammad al-Nasawi, hakim dan imam dari provinsi Fars, dan juga murid dari Ibnu Sina, meminta Khayyam menulis beberapa teks yang dijelaskan di bawah untuk membela diri dari bidah. Ada kemungkinan bahwa al-Nasawi ingin membela Khayyam terhadap tuduhan ini. Filosofi Khayyam adalah hampir tidak asli, karya paling menarik keberadaannya mereka yang peduli dengan analisis masalah adanya konsep umum.
Risalat Al-Kawn wa al-taklif (Treatise on Being dan kewajiban): Ditulis dalam 472/1080 atas permintaanal-Nasawi. Permintaan ini mungkin dapat dijelaskan oleh isi dari beberapa kuatrain disusun oleh Khayyam atau dihubungkan dengannya, dan hakim, sebagai murid dari Ibnu Sina, ingin membebaskan Khayyam dari kecurigaan bidah.
Djawāb 'an thālath masā'il: Darurat al-tadādd fi' l-Alam wa'l-djabr wa'l-baqa '(Jawaban untuk tigapertanyaan: Kebutuhan kontradiksi di Dunia, Determinisme, dan Panjang Umur). Risalah ini terhubung dengan risalah sebelumnya. Ini berkaitan dengan tiga pertanyaan baru dan lebih sulit diusulkan untuk Khayyam Al-Nasawi.
Al-Ziya 'al-' aqli fi mawdū 'al-' ilm al-kulli (The Light alasan pada subjek Science Universal): Ini adalah teks filosofis ketiga dalam bahasa Arab.
Risala fi al-wudjūd (Treatise on Keberadaan): risalah Khayyam keempat filosofis, juga dalam bahasa Arab, yang ditulis sekitar 1080, untuk putra Mu'ayyid al-Mulk (wazir pada 1095-1118).
Risalah filosofis kelima ditulis dalam bahasa Persia. Naskah ini memiliki tiga gelar: Risala fi Kulliyat al-wujud(risalah pada universalitas Keberadaan) = Darkhwāst-nāma (Book by Demand) = Risala-yi silsilah al-tartīb(Treatise on the Chain of Order). Ini adalah tentang kosmologi Ibn Sina dan al-Farabi dan terdiri dari empat bab. Ini ditulis untuk anak Mu'ayyid al-Mulk, wazir ke Selj_ūks kemudian, dan berisi penjelasan rinci tentang teori Ibnu Sina dari "rantai perintah": link dari rantai ini terhubung dengan bola langit; setiap link memiliki pikiran dan jiwa, dan digerakkan oleh aktivitas dan cinta.
Sumber daya lebih lanjut untuk 'Umar Khayyam
· Abattouy, Mohammed. "Al-Muzaffar al-Isfizārī 'alim min al-qarnayn 5-6 H/11-12, mu'allif Irshad Dhawi al-'irfan ila sinā'at al-qaffān". . Dalam Antiquite et moyen usia Rabat: Publikasi de la Faculté des Lettres, 2000, hlm 135-175.
· Abattouy, Mohammed. "Mekanika Yunani dalam Konteks Arab: Thabit bin Qurra, al-Isfizārī dan Tradisi Arab Mekanika Aristotelian dan Euclidean" Sains dalam Konteks (Cambridge University Press), 2001, vol.. 14: pp 179-247.
· Abattouy, Mohammed. "La Tradition arabe de la balance: Thabit Ibnu Qurra et al-Khazini". Dalam aspek Quelques de l'evolusi des idees Scientifiques. . Antiquite et moyen usia Rabat: Publikasi de la Faculté des Lettres, 2000, hlm 49-91.
· Amir-Moez, Ali R. "Diskusi Kesulitan di Euclid," Scripta Mathematica 24 (1959): 275-303.
· Arberry, AJ The Rubā'īyāt Omar Khayyam, diedit dari naskah yang baru ditemukan tanggal 658 (1259-1260) dalam kepemilikan A. Chester Beatty Esq., Dengan perbandingan versi bahasa Inggris oleh Edward Fitzgerald, EH Whinfield dan Editor, London 1949
· Brockelmann, Geschichte der C. arabischen Literatur, I (Weimar, 1898), 471; supp. (Leiden, 1936), 855-856; III (Leiden, 1943), 620-621. Sebuah daftar lengkap dari semua Arab MSS dan eds mereka. dikenal para ilmuwan Eropa; supp. jilid. menyebutkan MSS dan eds. yang muncul setelah tubuh utama karya tersebut dipublikasikan.
· Hashemipour, Behnaz. "Khayyam: Ghiyath al-Din Abu al-Fath _Umar bin Ibrahim al-Khayyāmī al-Nīshāpūrī". Biografi Encyclopedia of astronom, diedit oleh Thomas Hockey, jilid II, hlm 627-628.
· Kasir, DS aljabar dari Omar Khayyam, New York, 1931.
· Lazard, G. Omar Khayyam. Cent kuatrain un, traduction du persan, Paris, 1997.
· Nadwi, SS 'Umar Khayyam,' Azamgarh, 1932.
· Omar Khayyam, Treatises, Arab dan teks Persia, dan tr Rusia. Rosenfeld, Moskow 1962.
· Potter, AG Sebuah bibliografi dari The Rubaiyat Omar Khayyam. Bersama dengan materi kerabat dalam prosa dan ayat yang berkaitan dengannya. Dikumpulkan dan diatur oleh ..., London 1929, cetak ulang.1994
· Rashed, R dan Djebbar, A. L'oeuvre algébrique d'al-Khayyam, Aleppo, 1981.
· Rashed, Roshdi & Vahabzadeh, Bijan Al-Khayyam mathématicien Paris: Blanchard (2 bagian: Teori geometris dari Aljabar Persamaan, Teori Parallels dan Teori Proporsi)..; Terjemahan Bahasa Inggris:. Omar Khayyam the matematika New York: Bibliotheca Persica Press, 2000.
· Rosenfeld, Boris A. dan Ihsanoglu, Ekmeleddin. Matematika, ahli astronomi dan Sarjana Lain Peradaban Islam dan Pekerjaan mereka (7th-19), ed. E. Ihsanoglu), Istanbul: IRCICA 2003, no. 420.
· Rosenfeld, BA dan AP Youschkevitch. Omar Khayyam (Moscow, 1965), yang terdiri dari esai biografis, analisis ilmiah (terutama matematika) bekerja, dan bibliografi rinci.
· Rosenfeld, Boris A. (2000). "Umar Khayyam." Dalam Encyclopaedia of Islam, 2nd ed., Vol. 10, hlm 827-834. Leiden: EJ Brill.
· Sarton, George. Pengantar Sejarah Ilmu Pengetahuan, vol. 1, Baltimore, 1927, hlm 759-761.
· Sayili, Aydin The Observatory dalam Islam dan tempatnya dalam sejarah umum observatorium Ankara:..TTK, 1988, 160-164.
· Struik, DJ "Omar Khayyam, matematika," di Matematika Guru, no. 4 (1958), 280-285.
· Suter, H. Die Mathematiker und der Astronomen Araber und Ihre Werke, (Leipzig, 1900, hlm 112-113.
0 comments:
Post a Comment